oleh

Patut Diwaspadai, 7 Penyakit Wanita yang Dapat Terjadi pada Pria

Meskipun ada perbedaan dalam struktur gen, anatomi dan kadar hormon dalam tubuh pria dan wanita, namun, beberapa penyakit yang sering mempengaruhi wanita ini juga dapat terjadi pada pria. Anda harus mewaspadai penyakit ini. Jangan sampai menerima perawatan terlambat ketika penyakit sudah mencapai stadium lanjut.

Seperti dilansir healthline.com, ada 7 penyakit yang biasanya dialami para wanita namun bisa juga terjadi pada pria, apa sajakah itu?

1. Osteoporosis

Osteoporosis mengurangi kepadatan tulang, membuatnya lebih rentan terhadap patah tulang. Satu dari tiga wanita berisiko terkena osteoporosis, sedangkan pada pria itu terjadi pada satu dari lima orang.

Wanita akan mengalami osteoporosis lebih cepat, setelah memasuki masa menopause. Sedangkan pada pria hal itu bisa terjadi pada usia 65 hingga 70 tahun. Risiko mengembangkan penyakit ini dapat meningkat setelah Anda memiliki penyakit ginjal, penyakit tiroid, kekurangan vitamin D dan penggunaan sterilisasi yang berkepanjangan.

2. Kanker Payudara

Wanita lebih rentan terkena kanker payudara daripada pria, karena wanita memiliki lebih banyak jaringan payudara. Meskipun risiko kanker payudara pada pria hanya 1 persen, jumlah ini terus meningkat. Pria jarang memperhatikan tanda-tanda penyakit dalam tubuh mereka, sehingga kanker terus berkembang.

Jika Anda berusia di atas 50 dan obesitas, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Perhatikan benjolan dan kelainan yang terjadi di area sekitar toraks.

3. Penyakit Tiroid

Tiroid adalah kelenjar kecil yang terletak di tengah leher bagian bawah. Kelenjar ini menghasilkan hormon untuk mengontrol metabolisme. Jika kelenjar ini menghasilkan terlalu banyak hormon, itu disebut hipertiroidisme. Gejalanya meliputi kelelahan, pertambahan berat badan yang cepat, kurang ingatan, kulit kering dan rambut kasar.

Padahal, jika tiroid tidak menghasilkan hormon yang cukup disebut hipotiroidisme. Gejalanya adalah: iritabilitas, kelemahan otot, dan gangguan makan. Wanita lebih beresiko lima hingga delapan kali mengalami penyakit ini daripada pria. Meski pria juga bisa mengalami penyakit ini.

4. Anoreksia

Saat ini, semakin banyak pria, yang ingin tampil kurus. Kasus anoreksia terjadi antara 10 hingga 15 persen pada pria. Anoreksia dan bulimia akan meningkatkan risiko penyakit jantung, keropos tulang, kegagalan organ, dan kematian.

Gangguan ini lebih cenderung terjadi pada atlet, orang dengan obesitas dan orang yang terlalu peduli dengan penampilan, seperti artis atau model.

5. Infeksi kandung kemih

Infeksi kandung kemih, lebih sering terjadi pada wanita. Pria juga bisa mendapatkan penyakit ini, jika mereka memiliki masalah prostat, batu ginjal atau penyempitan uretra. Gejala penyakit ini adalah: sering buang air kecil, pendarahan dari urin, keinginan kuat untuk buang air kecil, sakit saat buang air kecil dan demam.

6. Depresi

Wanita dua kali lebih rentan terhadap depresi dibandingkan pria. Gejala-gejala depresi yang terjadi pada wanita dan pria juga berbeda. Pada wanita, gejalanya: menangis lebih sering dan cenderung menutup. Sedangkan pada pria gejala depresi adalah: sering marah, frustrasi dan putus asa.

7. Lupus

Wanita lebih rentan terhadap lupus hingga 90 persen, daripada pria. Namun, kelainan ini biasanya menyerang pria. Gejala-gejala penyakit ini adalah: pembengkakan persendian, kelemahan otot, kelelahan ekstrem, demam yang tidak kunjung sembuh, rambut rontok, kaki bengkak, kantung mata, sariawan, radang kelenjar tiroid dan ruam merah pada hidung dan pipi,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed