oleh

8 Bahaya Kurang Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Tidur di pagi hari karena begadang semalaman pasti akan membuat Anda kurang tidur. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan di tubuh Anda. Serta, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan bahkan kecelakaan berkendara. Menurut data AASM, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika Serikat memiliki jam tidur kacau dan tidak sepenuhnya tertidur dengan pulas.

Berikut ini adalah 8 bahaya kurang tidur sehingga Anda lebih memperhatikan jam tidur Anda.

1. Diabetes

Menurut penelitian, kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Begitu pula jika Anda terlalu banyak tidur. Ini karena gangguan tidur dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, sehingga kadar gula darah akan cenderung meningkat pada orang yang memiliki masalah tidur.

2. Obesitas

Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan Anda bertambah berat. Menurut penelitian, orang yang memiliki kurang dari 7 jam per malam memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidur selama 7-8 jam sehari. Ini karena kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan Anda, sehingga orang akan cenderung makan lebih banyak ketika mereka tidak tidur.

3. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Sering tidur di pagi hari dan kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Kurang tidur akan meningkatkan tekanan darah dan peradangan di dalam tubuh. Dua hal ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Mudah lupa

Kurang tidur bisa membuat seseorang lebih pelupa. Karena saat Anda tidur, tubuh akan beristirahat dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk sel-sel otak. Ketika seseorang kurang tidur, jaringan otak mereka juga akan kekurangan oksigen dan energi untuk membuatnya mudah dilupakan.

5. Kesulitan berpikir dan berkonsentrasi

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup dan berkualitas memungkinkan seseorang untuk berpikir jernih, mendapatkan ide dengan mudah, dan menyelesaikan masalah. Orang yang sering tidur di pagi hari atau tidak tidur akan lebih sulit untuk fokus pada pekerjaan dan memusatkan perhatian. Ini tentu akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas pekerjaan kantor.

6. Mood mudah berubah

Kurang tidur jangka panjang di malam hari diyakini menyebabkan perubahan suasana hati, termasuk depresi. Selain itu, bahaya tidur di pagi hari juga bisa membuat emosi seseorang kurang stabil karena kelelahan.

7. Penurunan libido

Tidak cukup tidur dapat mengurangi hasrat seksual pada orang dewasa. Satu studi, pria muda yang tidak tidur nyenyak selama satu minggu menunjukkan penurunan kadar testosteron.

Tidur 5 jam atau kurang bisa mengurangi kadar hormon seks hingga 10 hingga 15 persen. Para pria yang terlibat dalam penyelidikan juga melaporkan bahwa suasana hati dan kekuatan mereka secara keseluruhan menurun secara dramatis setiap malam berturut-turut.

8. Kulitnya tidak segar

Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang berusia antara 30 dan 50 tahun dievaluasi berdasarkan kebiasaan tidur mereka dan kondisi kulit mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidak tidur akan memiliki kerutan halus, garis-garis halus di wajah, warna kulit tidak merata dan kulit lembek. Orang-orang yang kurang tidur juga cenderung tidak puas dengan penampilan mereka, daripada pasangan mereka yang beristirahat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed