oleh

7 Manfaat Kurma, Mulai dari Mengobati Maag hingga Meningkatkan Vitalitas Pria

Kurma membanjiri pasar di negara muslim selama bulan suci Ramadhan. Buah khas Timur Tengah ini biasanya merupakan konsumsi makanan ringan. Rasanya sangat manis dan sangat lezat saat dikunyah.

Di balik citarasa uniknya, kurma memiliki beragam manfaat kesehatan, mulai dari memperbaiki pencernaan, mengobati maag dan bahkan menjaga vitalitas pria.

“Sifat-sifat kurma berlimpah, sebagai makanan bergizi, dan pada bulan puasa, selain keefektifan sunah,” kata profesor Keamanan Pangan dan Gizi Departemen Ekologi Manusia Universitas IPB (FEMA). Ahmad Sulaeman, dikutip oleh Antara.

Prof. Ahmad merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan dari Timur Tengah, lebih disukai tidak hanya selama bulan Ramadhan tetapi juga pada hari-hari lain untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

1. Baik untuk kesehatan otak

Ahmad menjelaskan beberapa manfaat kesehatan dari kurma, yaitu, meningkatkan kesehatan otak. Kurma makan melindungi otak terhadap stres oksidatif dan peradangan otak karena kurma kaya akan serat, fenolik dan antioksidan alami seperti asam protonat.

“Kehadiran senyawa polifenol pada saat itu berpotensi membantu mengurangi kejadian penyakit Alzheimer dan demensia (kepikunan),” katanya.

2. Mengatasi sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada kurma juga bisa mengatasi sembelit atau sembelit. Serat kurma membantu kesehatan pencernaan, sehingga ketika makanan memasuki usus dapat bekerja tanpa masalah sampai saluran pencernaan dan buang air besar menjadi lunak.

“Jika Anda kesulitan buang air besar, makan saja kurma. (Kurma) rendam sepanjang waktu sampai lunak, hari berikutnya Anda bisa mencampurnya seperti pasta dan kemudian memakannya,” kata Ahmad.

3. Mengobati maag

Kandungan serat yang larut dan tidak larut pada kurma juga dapat menyembuhkan penyakit pencernaan seperti bisul. Kadang-kadang mereka mengandung beberapa asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan yang dapat melewati saluran pencernaan sehingga makanan dapat diserap secara langsung.

4. Mengobati anemia

Manfaat lain, kurma bisa mengatasi anemia. Manfaatnya, menurut Ahmad, kurang diketahui banyak orang bahwa anemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi kurma.

Sumber penyembuhan untuk anemia berasal dari nutrisi dan zat besi pada kurma. Zat besi yang terkandung dalam jumlah itu tidak signifikan, tetapi baik untuk mengobati gejala anemia.

5. Mencegah penyakit jantung

Profesor Ahmad mengatakan kurma juga bisa mencegah penyakit jantung. Salah satu peneliti telah melakukan penelitian tentang pencegahan dan menerbitkannya di jurnal internasional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kurma adalah cara yang efektif untuk mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

6. Mengurangi risiko stroke

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kurma juga untuk mencegah atau membentuk plak di pembuluh darah yang dapat membantu mengurangi faktor risiko stroke.

Kurma juga memiliki sejumlah kecil phytochemical, tetapi mereka membantu penyakit jantung. Kurma juga kaya kalium, suatu kandungan mineral, yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

“Kurma mengurangi risiko stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung,” kata Ahmad.

7. Obati disfungsi seksual

Sebuah penelitian pada 2006 mengatakan bahwa efek kurma dan minyak dapat mengobati disfungsi seksual pada pria. Hasil penelitian melaporkan bahwa komponen estradiol dan flavonoid yang tinggi dalam kurma membantu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma.

“Penelitian di India menunjukkan bahwa serbuk sari pada kurma telah digunakan untuk mengobati infertilitas pada pria, dalam pengobatan tradisional, jika Anda ingin meningkatkan libido, perbanyak makan kurma,” kata Ahmad.

Di Timur Tengah, konsumsi kurma telah menjadi kebiasaan untuk meningkatkan resistensi pria. Konsumsilah kurma yang telah direndam dalam susu kambing, lalu campur, ditambah kapulaga dan madu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed