oleh

6 Tips Agar Tidur Lebih Cepat dan Berkualitas

Tidur adalah kegiatan rutin yang dapat mengistirahatkan pikiran dan jiwa manusia. Tetapi banyak orang yang mengabaikan jam tidur yang mereka miliki. Hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti mengerjakan tugas yang telah menumpuk, menghabiskan banyak waktu di Internet dan kegiatan lainnya. Karena itu, sangat sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas untuk kesehatan. Lantas bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas?

Ada begitu banyak konsekuensi yang bisa disebabkan oleh berkurangnya kualitas dan jam tidur Anda. Seperti masalah pada berat badan, kurang semangat, masalah jantung dan tubuh yang rentan terhadap berbagai penyakit adalah efek dari kualitas tidur yang buruk setiap hari. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba tips-tips berikut yang kami sarankan.

Berikut adalah 6 tips agar tidur lebih cepat dan berkualitas:

1. Cobalah untuk santai

Saat stres, biasanya orang akan berusaha untuk tidur. Karena diyakini bahwa tidur dapat meredakan atau menghilangkan stress. Namun tanpa disadari, stres dapat mengurangi kualitas tidur Anda. Jika Anda berpikir pikiran akan lebih tenang saat tidur, itu tidak benar. Stres dapat mengganggu kualitas dan kenyamanan tidur Anda. Sebelum tidur, cobalah rileks sejenak dengan membaca beberapa buku, mendengarkan musik, meditasi atau kegiatan lain yang dapat menenangkan pikiran Anda. Luangkan waktu sekitar 30-60 menit untuk bersantai sebelum tidur.

2. Menjaga suasana ruangan

Menjaga suasana ruangan juga sangat penting. Saat Anda pergi tidur, pastikan ruangan Anda tidak terlalu terang. Bahkan, lebih baik tidur dengan lampu ruangan dimatikan. Jika Anda tidak bisa tidur dalam gelap, Anda bisa menggunakan lampu yang lebih redup. Gunakan AC dan selimut jika perlu. Dapatkan terlebih dahulu kenyaman di kamar Anda sebelum pergi tidur.

3. Menjaga pola makan

Bagi yang suka begadang, umumnya mereka juga mengalami gangguan makan. Ketika malam sudah larut dan Anda masih terjaga, perut Anda akan merasa lapar lagi dan itu akan bergemuruh. Meski makan larut malam, tidak baik untuk kesehatan Anda. Jika Anda terpaksa makan karena perut Anda lapar, Anda harus menghindari makanan cepat saji yang tidak sehat. Anda bisa makan makanan yang dipercaya dapat mempercepat tidur. Seperti susu rendah lemak, pisang, kentang, alpukat, almond, telur, labu atau gandum. Usahakan agar makanan dicerna dengan baik terlebih dahulu sekitar 30 menit sebelum tidur.

4. Batasi nikotin dan kafein

Kebiasaan merokok bagi sebagian orang sulit dihentikan. Terkadang mereka juga terus merokok sebelum tidur. Alasannya adalah karena dapat membuat pikiran menjadi tenang atau lebih rileks. Selain merokok, ada juga yang memilih minum kopi. Kebiasaan ini tampaknya sederhana meskipun kedua kebiasaan itu harus Anda hindari mulai sekarang jika Anda ingin tidur nyenyak.

5. Kurangi penggunaan smartphone

Sinar biru dari ponsel, tablet, dan layar komputer dapat membuat Anda sulit tidur. Disarankan untuk berhenti menggunakan ponsel setelah jam delapan malam. Jika Anda tidak dapat menjauh dari ponsel, cobalah untuk melakukannya setengah jam sebelum tidur.

6. Tinggalkan pekerjaan

Ketika Anda pergi tidur di malam hari, cobalah untuk berhenti dari pekerjaan kantor. Jangan pernah membawa tugas bekerja ke rumah, Membawa pekerjaan ke rumah dan bekerja di malam hari hanya akan meningkatkan kortisol dan adrenalin, yang dapat menggangu tidur dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed