oleh

4 Penyebab Diabetes yang Paling Umum

Tingginya jumlah penderita diabetes di Indonesia tidak terlepas dari kebiasaan buruk penyebab diabetes yang sering dilakukan penduduknya. Seperti kita ketahui, nasi putih telah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Asia Tenggara, tidak terkecuali Indonesia.

Sayangnya, nasi putih mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Menurut sebuah analisis yang diterbitkan dalam NHS Choice, orang yang mengonsumsi nasi putih lebih dari lima kali seminggu akan 17% lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 daripada mereka yang hanya mengonsumsi nasi putih sebulan sekali.

Selain nasi putih, konsumsi kopi dan teh juga merupakan faktor lain penyebab diabetes banyak dialami di Indonesia. Dalam hal ini, bukan kopi dan teh penyebab diabetes, tetapi kandungan gula yang dicampur dengan minuman.

Dalam satu hari, tubuh manusia hanya membutuhkan 50 gram gula, atau setara dengan empat sendok makan. Jika Anda mengonsumsi dua gelas teh manis setiap hari, belum lagi tiga kali Anda mengonsumsi nasi putih dan makanan manis lainnya, ini dapat menyebabkan kadar gula darah Anda naik.

Selain mengonsumsi terlalu banyak gula, ada gaya hidup tidak sehat lainnya yang juga bisa memicu diabetes. Inilah 4 Penyebab Diabetes yang Paling Umum:

1. Sering melewatkan sarapan

Sering melewatkan sarapan adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan diabetes. Saat Anda tidak sarapan, kadar gula darah di tubuh Anda akan menurun. Akibatnya, Anda cenderung ingin makan makanan manis seperti makanan ringan dan minuman manis lainnya.

2. Malas berolahraga

Olahraga yang jarang akan menyebabkan lemak di tubuh menumpuk lebih banyak. Jika Anda terus dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak, kolesterol, dan peningkatan kadar gula darah. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat memicu diabetes, stroke dan penyakit jantung.

3. Merokok

Kebiasaan buruk lain yang juga bisa menjadi penyebab diabetes adalah merokok. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat, di mana 5.572 pria dan wanita berpartisipasi, hasilnya menunjukkan bahwa kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sebesar 22%.

Jika kebiasaan buruk ini masih disertai dengan gaya hidup yang tidak sehat dan jarang aktivitas fisik, itu juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes atau penyakit berbahaya lainnya.

4. Kurang tidur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Chicago, kurang tidur selama 3 hari dapat menyebabkan kemampuan tubuh memproses glukosa secara dramatis. Ini berarti bahwa kandungan gula dalam darah meningkat dan risiko terkena diabetes meningkat.

Itulah 4 Penyebab Diabetes yang Paling Umum. Jika Anda tidak ingin menderita diabetes, mulailah membuat kebiasaan yang baik, seperti berolahraga dengan rajin, makan sayur dan buah-buahan, dan mengurangi asupan gula mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed