11 Tips Menurunkan Berat Badan

Diet, Kesehatan57 Views

Menurunkan berat badan sebenarnya sangatlah sederhana, namun kebanyakan orang terlalu sibuk mencari-cari lain yang justru hanya membuat bingung dan malas untuk melakukannya. Dalam menurunkan berat badan yang paling penting bukanlah metode melainkan NIAT. Saran kami, gunakanlah cara-cara “klasik” yang sudah terbukti dan utamakanlah kesungguhan.

1. Niat dan Komitmen
Ya, niat dan komitmen itu adalah yang paling penting sebelum Anda melakukan segala sesuatu.
Seberapa kuat niat Anda? Seberapa yakin Anda bisa berhasil? Siap komitmen untuk setiap prosesnya?
Rentetan pertanyaan tersebut harus Anda jawab terlebih dahulu dalam diri Anda, karena seperti kata pepatah “Semua berawal dari niat” itu sangatlah betul sekali.

Lalu seberapa dalam niat Anda? Artinya begini, apakah niat Anda hanya ingin menurunkan berat badan untuk rentang waktu tertentu saja? Atau ingin menjaga tetap dalam berat yang Anda inginkan dalam jangka panjang?
Pertanyaan – pertanyaan tersebut mungkin terlihat tidak begitu penting bagi Anda tapi Saya yakin Anda sadar bahwa proses menurunkan berat badan itu tidaklah mudah, dan penuh perjuangan dan jika tidak disertai niat dan komitmen yang kuat sebagai pondasi, maka usaha Anda akan sia-sia.

2. Hindari makanan berlemak
Tidak juga, penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan tinggi lemak diperbolehkan asal Anda imbangi dengan asupan karbohidrat Anda yang rendah, maksimal sehari 40gr atau setara dengan 2 potong roti.
Penelitian juga membuktikan bahwa orang yang diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak memiliki kandungan LDL dan Trigliserida (Kolesterol jahat) yang sedikit dalam darah.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah memiliki banyak serat yang membantu Anda untuk memperlancar metabolisme tubuh. Selain itu dengan adanya kandungan serat yang kaya dalam buah dan sayur akan membantu Anda mengatasi rasa lapar dan mempercepat rasa kenyang. Anda tidak harus makan jeruk melulu setiap hari, cobalah makan pisang jika hasrat ingin ngemil muncul.

4. Konsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein
Konsumsi karbohidrat saat diet bukan tidak boleh, tetap saja Anda harus makan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga dalam beraktivitas hanya saja.
Disarankan untuk memilih makanan yang memiliki cukup serat dan kandungan karbohidrat kompleks yang sangat berguna selain memberikan asupan serat yang cukup bagi tubuh juga memberikan tenaga dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama daripada kandungan karbohidrat sederhana,

5. Cukup minum air putih
Minum air putih yang cukup sehabis makan akan menjaga kandungan cairan tetap seimbang dalam tubuh Anda. Disarankan untuk minum air putih 2 liter per hari agar keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga karena orang diet biasanya mengurangi asupan garam yang dipercaya bisa membantu mengurangi berat badan.
Tetapi mengurangi asupan garam juga akan mengurangi cairan dalam tubuh Anda karena pada awal – awal saat proses penurunan berat badan, berat yangturun bukan lemak tetapi cairan tubuh yang berkurang, oleh karena itu perlu konsumsi air putih yang cukup jika Anda memang serius ingin berat badan turun.

6. Kurangi konsumsi makanan dan minuman ringan
Mengurangi porsi makan dan minuman ringan baik itu yang bersoda maupun yang tidak, yang biasa Anda beli di minimarket dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 100 kalori.

7. Sibukkan diri Anda
Menyibukkan diri sangat bermanfaat untuk menghindari ngemil, karena perasaan ingin ngemil muncul saat Anda merasa bosan, jadi rencanakan kegiatan simpel yang tidak membutuhkan tenaga banyak yang bisa jadi alternatif untuk menghindari kebosanan, tentunya tujuannya untuk menghindari ngemil.

8. Berpuasa
Puasa adalah salah satu cara umum dan paling banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Berpuasa untuk tujuan diet berbeda dengan berpuasa sebagai ibadah yang biasa orang muslim lakukan.
Berpuasa untuk tujuan diet Anda boleh minum air putih saat haus, Anda juga bisa memilih waktu makan dan waktu puasa.

Perbandingannya yaitu waktu puasa 16 jam sedangkan waktu makan 8 jam.
Saat waktu makan 8 jam (misalnya jam 13.00-21.00) tersebut Anda boleh makan makanan apapun dan boleh dibagi menjadi 2 kali makan (setiap 4 jam) untuk tetap menjaga pola makan Anda.
Saat waktu jam makan tersebut tetap Anda harus menjaga porsi, asupan makan Anda agar tidak melebihi batas.
Sedangkan saat waktu puasa 16 jam tersebut Anda boleh gunakan untuk tidur misalnya dari mulai malam hari sampai siang hari. (21.00-13.00).
Cara diet seperti ini sama seperti diet OCD yang di populerkan oleh dedi corbuzier.

9. Tidur yang cukup dan Hindari begadang
Metabolisme tubuh meningkat saat tidur khususnya malam hari, ini waktu yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh Anda.

Ketika tidur dimalam hari, tubuh tidak beraktivitas sehingga energi dalam tubuh bisa disalurkan untuk mempercepat perbaikan sel – sel tubuh yang rusak dan mengeluarkan racun – racun dalam tubuh melalui sistem pencernaan yang dilepaskan keluar tubuh lewat urine (air kencing) dan feses (kotoran) sehingga ketika bangun pagi tubuh terasa lebih segar.

Hindari begadang karena menyebabkan mudah lapar, semakin malam, semakin lapar, semakin ingin ngemil, akibatnya berat badan meningkat.

Bangun pagi dan dengan sendirinya menunjukkan bahwa tubuh Anda telah fresh dan siap untuk beraktivitas, berbeda dengan ketika dibangunkan karena terpaksa, membuktikan bahwa istirahat Anda belum cukup.

10. Hindari stress
Lebih tepatnya bukan dihindari tapi bagaimana Anda bisa mengatasi stress dalam diri Anda. Saat stress tubuh mengeluarkan hormon kortisol atau dikenal dengan hormon stress, dampak dari keluarnya hormon ini ke organ tubuh Anda salah satunya adalah keluarnya asam lambung yang menyebabkan Anda mudah merasa lapar atau beberapa orang malah tidak nafsu makan.

Saat stress asam lambung yang keluar berlebih yang menimbulkan tidak nafsu makan. Temukan cara mengatasi stress saat stress muncul tiba – tiba agar nafsu makan Anda terkontrol.

11. Minum Kopi atau Teh
Jika Anda penggemar berat Kopi atau Teh, maka tetaplah minum 2 minuman favorit Anda ini karena seperti yang dikutip dari Authority Nutrition berdasarkan penelitian dari ncbi.nlm.nih.gov kandungan caffeine dalam kedua minuman tersebut bisa meningkatkan metabolisme sebanyak 3 – 11% yang berarti akan membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh Anda.

Itulah 11 tips menurunkan berat badan, cukup sederhana bukan? Namun jangan lupa, poin pertama adalah yang paling penting. Semoga bermanfaat!

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *